Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

Pembuatan Lembar Kerja M.c Excel

Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik).
Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat
mempresentasikan data kedalam bentuk tabel.

1. Langkah – langkah dalam memulai Microsoft Excel
 Aktifkan komputer terlebih dahulu
 Klik tombol Start pada taskbar
 Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
 Kemudian klik Microsoft Excel 2007

Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007

1.Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar
kerja yang aktif.

2.Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.

3.Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya

4.Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5.Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.


6.Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.

7.Cell
  • Cell merupakanNomor Baris
  • Nomor Kolom
  • Nama Range
  • Fungsi
  • Penggulung vertical dan horisontal Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.
  • Column Heading  Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja sheet yang
    aktif. Jumlah kolom yang tersedia yaitu 256 kolom.

  •  Sel  Penggabungan antara baris dan kolom pada lembar sheet.
  • Range  Penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet.
 

Contoh Lembar kerja ms.excel:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar